Faktor-faktor yang Mempengaruhi Optimalisasi Unit Rawat Jalan di RS X
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2015.028.02.4Abstract
Utilisasi pelayanan rawat jalan merupakan salah satu indikator penting kinerja rumah sakit. Hasil studi pendahuluan di unit rawat jalan RS tempat studi menunjukkan nilai utilitas dan optimalisasi masih belum maksimal dan terjadi penurunan angka kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi optimalisasi unit rawat jalan dan solusi untuk meningkatkan optimalisasinya. Metode yang digunakan adalah dengan observasi, telaah dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap antara utilitas ruang dan optimalisasi petugas. Utilitas ruang hanya 22,4% sedangkan optimalisasi masing-masing dokter sudah sangat optimal yaitu 141,6%, 172,9% dan 68,75%. Dengan menggunakan diagram fishbone ditemukan faktor–faktor utama kurang optimalnya unit rawat jalan adalah dari sumberdaya manusia yang kurang dan lingkungan yang kurang nyaman. Analisis 5 why's menemukan sistem monitoring dan evaluasi (monev) belum berjalan secara maksimal sebagai akar masalah. Solusi yang disepakati untuk meningkatkan optimalisasi di unit rawat jalan ini adalah dengan mengaktifkan kembali tim monev dengan pemberian pelatihan tentang monev.  Kata Kunci: Evaluasi kinerja rawat jalan, monitoring, optimalisasi, utilisasi
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Notoatmodjo S. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip- Prinsip Dasar. Jakarta: PT Rinneka Cipta; 2003.
Hariyanti RE. Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Skin Medical Center di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2010; 4: 76-82.
Philip K dan Lane KK. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga; 2009.
Hafizurrachman. Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2009; 4(1): 10-17.
Singh H. The Importance of Customer Satisfaction in Relation to Customer Loyalty and Retention. [Working Paper]. Asia Pacific University College of Technology & Innovation Technology Park, Malaysia. 2006.
Aga NA, Hendrartini J, dan Margo V. Perbandingan Tingkat Kepuasan Peserta Askes Wajib dan Sukarela terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Tingkat I. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2005; 8(4): 183-190.
Suharmiati dan Didik B. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2007; 10(2): 123-130.
Trisnantoro L. Memahami Ilmu Ekonomi dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada University Press; 2009.
Aprilya V. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan tehadap Kepuasan Pelanggan J.Co Cabang Padang. Jurnal Manajemen. 2013; 2(1): 9.
Kriswidiati K, Sudiro S, dan Mawarni A. Analisis Faktor-faktor Manajemen Pelayanan Rawat Jalan yang Mendukung Utilisasi Klinik Spesialis di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. [Tesis]. Universitas Diponegoro, Semarang. 2014.
The Development Assistance Committee. Glossary of Key Terms in Evaluation and Results Based Management. Paris: OECD Publication; 2010.
Syarifah D. Feedback yang Berkelanjutan (Continuous Feedback) untuk Mendukung Penilaian Kinerja Efektif. INSAN. 2012; 14(2): 120-126.
Bambang T. Pengaruh Evaluasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empirik di Bank Pengkreditan Rakyat Syariah Margirizki Yogyakarta). [Skripsi]. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. 2014
Lumbanraja P. Pengaruh Pelatihan dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Prestasi Kerja Perawat di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2010; 12(2): 142-155.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).